Pengetahuan dan Tata Cara yang Baik Jual Beli Handphone

Pengetahuan dan Tata Cara yang Baik Jual Beli Handphone
Meski bukan profesional, Sadar atau tidak, sebagian dari kita mungkin sudah pernah melakukan bisnis jual beli hape. Ya, bisnis jual beli hape terbilang peluang mendapatkan income yang menggiurkan, apalagi kita ketahui, kebanyakan orang Indonesia cukup konsumtif terhadap barang elektronik yang satu ini. Nah, untuk sukses jual beli hape tidak hanya diperlukan model ulet dan jeli, lebih dari itu untuk bisa berbisnis langgeng, diperlukan pengetahuan dan etika. Agar lebih jelas, apa saja pengetahauan dan etikanya, simak tips berikut ini. (Haryo Adjie Nogo Seno)

1. Pahami Pengetahuan tentang hape second.
Ada dua pengetahuan dasar yang harus Anda pahami. Pertama, pengetahuan tentang konidisi fisik hapeitu sendiri. Anda harus tahu karakter barang yang Anda akan jual. Misalnya suaranya, keypadnya, batereinya, atau kondisi mesinnya. Pengetahuan ini akan berguna saat Anda ditanya oleh pembeli. Kedua, pengetahuan tentang pasar hape di wilayah tempat Anda berjualan. Anda perlu tahu merek atau jenis seperti apa yang lebih disukai oleh calon konsumen, atau kemampuan prediksi berapa harga suatu HP enam bulan lagi.

2. Belilah hape Second dari pemakai pertama.
Sebisa mungkin, usahakan Anda membeli hape dari pemakai pertama. Definisi dari pemakai pertama adalah orang yang membeli suatu hape yang masih baru, original dan resmi, lalu dijual lagi. Artinya, anda akan mendapatkan hape yang kualitasnya relatif masih cukup bagus karena belum pernah berpindah tangan.

3. Ikutilah trend Pemakaian Hape Second.
Anda harus rajin memantau tren perkembangan hape second, baik dari fitur dan flutuasi dari harganya. Anda bisa mengikuti tren lewat survei pasar atau selalu memantau lewat internet, bila tak ada internet, simak ulasan dan analisa hape second di Tabloid Handphone.

4. Lengkapi dengan Produk Pendukung Usaha.
Bisnis jual beli hape tak selamanya ramai, untuk mendukung pemasukan, cobalah untuk menjual asesoris hape, bila ada modal tambahan, ada baiknya Anda juga menjual pulsa elektronik yang transaksinya bisa dilakukan mobile dan minim risiko.

5. Jangan pernah bohongi pembeli.
Ini adalah pesan moral yang harus anda junjung tinggi, karena kesuksesan usaha hape second bergantung pada kepercayaan konsumen Anda. Jika anda membohongi konsumen (barang jelek di-refurbished lalu dijual secara BM-Black Market, atau barang ancur diganti casing, trus dibilang bagus padahal umurnya tinggal seminggu lagi), maka konsumen tidak akan pernah kembali.

6. Hargailah orang yang ingin menjual hape second kepada Anda.
Pesan moral yang kedua ini akan menjadi salah satu kunci kesuksesan usaha hape second. Jika Anda menghargai setiap orang yang ingin menjual hapenya kepada Anda, maka anda tidak perlu repot mencari hape bekas untuk dibeli dan dijual lagi. Sebab pelanggan lama akan lebih percaya menjual hapenya kepada Anda. (tabloid Handphone)

//

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s